Konferensi XVIII Sylva Indonesia : Kepemimpinan Fitriyani Sinaga Sampaikan Laporan Kerja DPSI 2017 dan 2018 Wujud Disiplin Organisasi dan Tugas Pemimpin


Merupakan Soft File Laporan Kerja DPSI Sylva Indonesia Pusat periode 2017 dan 2018 oleh Fitriyani Sinaga.


EIGER CAFE MAKASSAR,Juni 2019 Berbagi buku Laporan Kerja dan Dokumen Administrasi DPSI 2017-2018
Ketua DPSI Pusat 2017&2018(Fitriyani Sinaga) kepada Ketua DPSI 2018/2020(Agus).Sebelumnya/28 Mei 2018 Fitriyani telah menyerahkan Hard file dan Soft file Laporan Kerja serta persentasi Dihadapan Peserta KNLBSI XVIII Kendari 2018)


Laporan Kerja ini telah di terima dengan oleh peserta Konferensi dan seluruh Pengurus Cabang Sylva Indonesia. Segala keputusan telah disepakati dan tertera bukti tanda tangan tiap PCSI, disetiap keputusan DPSI.



Alhamdulillah, segala puji hanya bagi Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa,atas segalalimpahan rahmat serta karunia-Nya kami dapat menjalankan kepemimpinan Dewan Perwakilan Sylva Indonesia serta menyelesaikan laporan pertanggungjawaban kepengurusan kami.

Dewan Perwakilan Sylva Indonesia Pusat yang dalam hal ini telah melahirkan Konstitusi Sylva Indonesia yang telah disahkan dalam Konferensi Luarbiasa Sylva Indonesia di Instiper Djogjakarta pada tahun 2017 juga sebagai Penguat Fitriyani Sinaga sebagai Pimpinan Pusat Dewan Perwakilan Sylva Indonesia (DPSI) untuk menjalankan Roda Organisasi Sylva Indonesia sebagaimana mestinya.

Selengkapnya baca Softfile PDF laporan Kerja Dewan perwakilan Sylva Indonesia dibawah. Nanti ada Link khusu File yang akan kamu temukan. Makanya baca sampai lengkap hingga menyeluruh, biar paham. Ok?

DPSI sebagai lembaga legislatif memiliki peran dalam mengawasi dan memberi saran bagi PPSI Untuk meningkatkan peran Sylva Indonesia dalam pembangunan kehutanan saat ini, diperlukan kekompakan dan keselarasan setiap pengurus baik di pusat maupun di cabang. Hal ini menuntut DPSI untuk mengkoordinir PCSI di cabang-cabang agar dapat andil dalam mengontrol PPSI sehingga tetap bekerja sesuai konstitusi dan visi Sylva Indonesia yang telah ditetapkan dalam Konferensi Nasional Luarbiasa Sylva Indonesia (KNLBSI).

Setelah melalui proses yang panjang dimulai dari surat SP1, SP2 yang dilayangkan oleh Ketua DPSI Fitriyani Sinaga kepada sekjen Pengurus Pusat Sylva Indonesia melalui rapat DPSI, keterlambatan Rakernas Sylva Indonesia di bulan Agustus 2017 hingga ketidakjelasan penyelenggaraan berujung pada tidak adanya hasil Rakernas secara resmi, penawaran gagasan dan penentuan UPT secara startegis dalam hal sektor Kehutanan dalam era demokrasi sylva Indonesia, hingga diterimaanya surat pengunduran diri dari Sekjen PPSI 2017-2019.

Penyerahan Draft Magang Sylva Indonesia yang di Inisiasi dan disusun oleh Fitriyani Sinaga untuk 42 Universitas/PCSI bekerjasama dengan KLHK | dokpri
Papua Barat 2018

Namun semua selesai hingga diterbitkannya Surat Keputusan Dewan perwakilan Sylva Indonesia Nomor 05/KTPS-DP/SI/2018 tentang pengesahan konferensi nasional Luarbiasa sylva Indonesia.

Periode kepengurusan DPSI 2017-2019 memiliki visi dan misi sebagai berikut :
Visi :
mewujudkan Sylva Indonesia sebagai "Youth Center of Excellence" dengan memaksimalkan potensi Sumberdaya Mahasiswa Kehutanan Indonesia dalam pengelolaan sumber daya hutan yang lestari, adil, dan demokratis.
Misi :
1.Mensosialisasikan Konstitusi Sylva Indonesia secara menyeluruh
2. Membangun jaringan dengan berbagai stakeholders yang terkait dengan visi Sylva Indonesia
3. Melakukan Komunikasi aktif kepada seluruh mahasiswa kehutanan indonesia dengan menanamkan korsa rimbawan dan 9 nilai dasar rimbawan melalui Kordinasi PCSI.
4. Menampung Aspirasi Sylva Indonesia
5. Mengawasi dalam hal apapun kinerja PPSI


KUTIPAN PIDATO FITRIYANI SINAGA DI PEMBUKAAN KONFERENSI DAN PENYAMPAIAN LAPORAN KERJA DPSI DI KENDARI SULAWESI TENGGARA

Assalamualaikum Wr.Wb.,
Salam Rimba!
Horas !
Syukur yang tiada hentinya selalu kita panjatkan kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa karena atas limpahan rahmat-Nya kami dapat melaksanakan kepengurusan organisasi Dewan Perwakilan Sylva Indonesia selama 1 periode hingga penyelesaian Laporan Pertanggungjawaban sebagai bentuk suatu amanah yang harus kami sampaikan selama perjalanan kami dalam menjalankan roda organisasi ini.

Dalam laporan pertanggungjawaban ini kami menyampaikan semua pekerjaan dan kegiatan yang telah dilakukan serta administrasi dan keuangan yang dikelola selama periode kepengurusan kami. Hal di atas merupakan bahan acuan untuk mengevaluasi apa saja yang telah kami lakukan selama mengemban amanah dalam mengurus Sylva Indonesia serta dapat dijadikan pertimbangan apakah progam-program kerja yang kami lakukan dapat dilanjutkan atau ditingkatkan untuk kejayaan serta kemajuan SYLVA INDONESIA .

Kami menyadari bahwa terdapat kekurangan dan kesalahan yang kami lakukan selama menjalankan roda organisasi ini baik dalam menyelenggarakan kegiatan, mengeluarkan kebijakan serta keputusan yang telah kami buat. Permohonan maaf sebesar-besarnya kami sampaikan kepada semua pihak atas apa yang telah kami lakukan.

Penghargaan dan ucapan terima kasih setinggi-tingginya kami sampaikan kepada semua pihak yang membantu kami dalam menjalankan organisasi ini. Terima kasih kepada Kementrian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi, kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan khususnya Ir. Wiratno MSc, sebagai Pembina Dewan Perwakilan Sylva Indonesia, seluruh Pengurus cabang Sylva Indonesia, Pengurus cabang Persiapan Sylva Indonesia, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)/ biro yang dalam naungan Sylva Indonesia di masing-masing Perguruan tinggi, serta kepada seluruh mahasiswa Fakultas/jurusan Kehutanan Indonesia yang telah mendukung pergerakan kami untuk mewujudkan sylva Indonesia yang lebih baik.

Semoga pengurus Dewan Perwakilan Sylva Indonesia selanjutnya dapat membuat Sylva Indonesia ini menjadi terus lebih baik, terencana, terstruktur, terorganisir serta lebih aktif dan prestatif dalam pergerakan mahasiswa dan terkusus basis keilmuannya .
Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

UNMUL, UNHAS, IPB dan UNISMUH | dokpri

Berikut ringkasan berita yang ada di media DPSI selama satu periode yang ditulis oleh Fitriyani Sinaga

Ringkasan Singkat Hasil-Hasil KNLBSI 2018 Periode Fitriyani Sinaga dapat dibaca di
Hasil KNLBSI 2018 Periode Fitriyani Sinaga https://drive.google.com/file/d/1p878Fl2itBVhctwcXn8ObTGfLEpILRgE/view?usp=drivesdk

Keterangan : Segala perubahan AD/ART, Ketetapan Konferensi, Persetujuan seluruh PCSI, Pengukuhan PCP sesuai Ketetapan peserta KNBLAI (Hanya PCP yang hadir/ prasyarat pendaftaran PCP tetap masih berlaku di konferensi selanjutnya), pengukuhan PCSI oleh peserta KNLBSI berdasarkan ajuan prayarat administrasi persiapan kerja DPSI.

Ringkasan Singkat Laporan Kerja DPSI oleh Fitriyani Sinaga dapat dibaca di Laporan Kerja Fitriyani Sinaga https://drive.google.com/file/d/1Ur9j-cPiF_VVWoO0GbJw6ehiX2a9xsAu/view?usp=drivesdk

Agenda Besar PAPUA BARAT Latihan Kepemimpinan Papu ahttps://ruanghutani.blogspot.com/2019/03/latihan-kepemimpinan-sylva-indonesia_21.html



1. Marhaban ya ramadhan Sylva indonesia
https://www.instagram.com/p/BUn_lj0gBc0/?igshid=34lflg29rfxr


2. Rilis Konferensi Jogjakarta Artikel Fitriyani Sinaga Sylva Pusat 
https://www.instagram.com/p/BU9nMq-g8f_/?igshid=790gqn6s4yhc


6. Vidio aktivitas Hari pohon sedunia DPSI


7. Realease Kunjungan DPSI dan Rakernas SI


8. Live Report kunjungan DPSI dan Sosialisasi Bedah Konsitusi SI


9. Safari rimbawan dan kunjungan ke Hutan pendidikan Unlam


10. Diskusi Aspirasi Regional 5 SI


11. Sosialisasi Proseding SI dan Bedah dengan UPR ( Palangkaraya)


12. Sosialisasi Agenda LKSI Papua


13. Penanaman Kebaikan DPSI, " STop Nyampah"


14. NGOPI SI ( Ngobrol Perihal Legislasi SI) DPSI -KLHK -Staff Kepresidenan ) jilid 1


15. Tengkawang DPSI ( Temu kangen Kawan Rimbawan Dibengkayang) bersama Untan


16. NGOPI SI ( Ngobrol perihal legislasi) Regional 3, UNB -IPB, Bogor Jilid 2


17. Kunjungan DPSI san sosialisasi Konstitusi Ke UNWIM Sumedang Jawabarat


18. KJD 1 . Kilas Jalan DPSI ( Pertemuan dengan Ikatan Alumni Kehutanan Jogja )


19. Pertemuan Spesifik DPSI dan Direktorat KSDA E KLHK


20. Kunjungan DPSI ke Unmul dalam Rangka Ulangtahun Lem sylva Mulawarman


21. KJD 2. Kilas jalan DPSI ( Pertemuan dengan Alumni Kehutanan UNILA/ mantan Sekjen SI, Alumni Kehutanan IPB / mantan Sekjen SI dan Alumni kehutanan UNB / Mantan Ketua DPSI


22. Dukungan Dirjen KSDA E untuk LKSI papua


https://www.instagram.com/p/Bf24yw6AFkq/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=uh40t1iq22nt


23. Surat dukungan / Pernyataan Sikap KLHK pada SI.


https://www.instagram.com/p/Bf6Kt-dgbzp/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=1qf9bgtcagq4m


24. Publishing Ulang kembali Ketetapan Knlbsi 2017 terkait Masalah dan pemberhentian Serta para Rimbawan yang terlibat dan tidak bertenggungjawab pada Tugas dan amanahnya


https://www.instagram.com/p/Bf6sKINgzbT/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=d8obe6k7qzqt


https://www.instagram.com/p/Bf6seklA42t/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=1l6hd3l7la61n


https://www.instagram.com/p/Bf6tLdUAY-5/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=1uhzc125f8xrh


https://www.instagram.com/p/Bf63AHxA10F/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=13xnjdhc8jv5y

25. News DPSI ( pengumuman Informasi terkait PCP ke PCSI terbaru 2017


https://www.instagram.com/p/Bf7XZVGgVne/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=1j2d14gt8o02j


26. Informasi DPSI ( Pembagian Tugas anggota DPSI dan Pembagian Wilayah ) Foreg 1-2


https://www.instagram.com/p/Bf-CKMygRme/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=1492yzi4ryi8y


27. Informasi DPSI ( Pembagian Tugas anggota DPSI dan Pembagian Wilayah ) Foreg 3-4 - 5- 9


https://www.instagram.com/p/Bf-OKmvAKf6/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=13kameglcjg89


28. Informasi DPSI ( Pembagian Tugas anggota DPSI dan Pembagian Wilayah ) Foreg 6 - 8


https://www.instagram.com/p/Bf-Lcn5AaD8/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=cbun1do98o38


29. Hari Perempuan internasional ( DPSI)


https://www.instagram.com/p/BgDCuRwFR8y/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=16x8hf8fehs5k


30. Informasi DPSI jumlah Terkini PCSI dan PCP SI edisi Maret 2018


https://www.instagram.com/p/BgJx5i5l56s/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=1r4fyud5uxui9


31. Kilas Sejarah SI ( Mengingat ulang Rekomendasi Knlbsi untuk PPSI)


https://www.instagram.com/p/BgJ655iFMyM/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=x7fh2vv333i3


33. News DPSI ( Informasi Media Resmi )


https://www.instagram.com/p/BgRiWR_Fsa-/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=1rczjc41sh888


34. sosialisasi dan mengingatkan Agenda LKSI papa pada Pcsi dan pPSi


https://www.instagram.com/p/BgRZ7bwlFLo/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=1plvt1xwctv4k


35. Press realease LKSI 2018


https://www.instagram.com/p/BhyB_UwAxDl/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=199y9llxuynsa


https://drive.google.com/file/d/1LUR9CvgApjHT4C8YC62BPGTazp7hqhAw/view?usp=drivesdk


https://www.sketsaunmul.co/press-release/latihan-kepemimpinan-sylva-indonesia-2018/baca


36. Rangkuman Kegiatan DPSI selama kegiatan di Unipa papua


https://www.instagram.com/p/BhyFfpng9rm/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=92o4uhq4w397


37. DPSI Menyelenggarakan Rakornas SI ( Rapat Kordinasi Nasional)


https://www.instagram.com/p/Bh8Sva3AcW7/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=t0zum2d8ry1n


https://drive.google.com/file/d/1ml_elU7iAay6vsgTzUCCuhvhxZVkv5Kj/view?usp=drivesdk


38. Sylva Sharing ( DPSI-Unhas - Unismuh -IPB-Unsulbar) di gedung unismuh Makassar


https://www.instagram.com/p/Bh-0eMcgO6r/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=15tdmzl264ums


39. Himbauan DPSI pada PCSI dalam pemaparan SP 1, SP 2 , Surat Rekomendasi DPSI, Surat Pengunduran diri Sekjen SI.
dok. rahasia internal Google drive email seluruh PCSI/PCP


40. Permintaan Aspirasi dan surat Sikap Dari seluruh PCSI untuk PPSI
melalui email dan Google drive ( rahasia internal)


41. Hasil Sidang paripurna penetapan KNSI menjadi KNLBSI 2018 dan Penawaran UPT KNLBSI kepada Seluruh PCSI
email dan google drive seluruh pcsi dan pCp ( internal sI)


42. Sidang Paripurna DPSI dan Ketetapan Tempat UPT KNLBSI 2018


43. Surat Pemberitahuan dan Pengumuman UPT KNLBSI 2018.


45. Press Rilis dan Dokumen LPJ DPSI 2017-2018 oleh Fitriyani Sinaga


46. Tulisan di republika.com Peran Mahasiswa kehutanan dalam melindungi hutan.


47. Tulisan sejarah pergerakan Mahasiswa kehutanan dan refleksi saat ini oleh fitriyani sinaga


https://foresteract.com/6-dasawarsa-sylva-indonesia-rimbawan-yuk-berjuang-kolektif/


48. Sylva Mulawarman Meneropong Gambut untuk pelatihan Sylva indonesia


https://www.sketsaunmul.co/press-release/sylva-mulawarman-meneropong-dan-jajaki-hutan-tropis-di-muara-siran/baca


49. ACARA PMKI UNMUL 2019 ditulis oleh Fitriyani sinaga


http://www.unmul.ac.id/post/diikuti-40-perwakilan-perguruan-tinggi--unmul-tuan-rumah-pmki-2019-1556527548.html


https://foresteract.com/sylva-mulawarman-sebagai-pelaksana-sylva-indonesia-selenggarakan-pmki-2019/


https://www.kompasiana.com/nagadragn/5c985dde3ba7f7050d15a062/sylva-indonesia-ikatan-mahasiswa-kehutanan-seluruh-indonesia?page=all


https://kaltim.antaranews.com/berita/54900/300-mahasiswa-se-indonesia-ikuti-pelatihan-kehutanan


50. Majalah integritas Kehutanan , di Halaman Pertama Sampul sampai halaman 4.


51. Link di web KLHK


dan media lainnya yang mewawancarai


52. youtobe TVRI nasional, Trans TV, STV, Teoian TV Youtobe BKSDA Kaltim , Youtobe Balitek samboja, Trans TV


Sebagai penutup, 2017 dan pasca demisioner 2018 lalu, mohon maaf bila ada yang kurang berkenan selama saya melaksanakan tanggungjawab di pusat. Inisiatif bergerak dibutuhkan. Setiap keputusan adalah kesepakatan bersama yang demokratis. Saya masih mencoba membantu dan mendampingi hingga mei 2019.

Dedikasi selama menjalankan amanah ada tertulis di jejak digital yang dapat dibaca oleh generasi selanjutnya sebagai refleksi untuk terus memperjuangkan hutan dan kesejahteraan masyarakat.

Terimakasih kepada kawan yang berada di barisan perjuangan dan sylva indonesia telah menjadi alat juang guna untuk hutan dan masyarakat.
#Yuk berjuang Kolektif

Saya mohon pamit Sylva indonesi
baca di Fitriyani Sinaga Sampaikan Laporan Kerjahttps://www.kompasiana.com/nagadragn/5de769d6097f361449336b94/dedikasi-fitriyani-sinaga-pamit-dari-sylva-indonesia-titipkan-soft-file-laporan-kerja-dpsi-periode-2017-dan-2018

Segala dokumen gambar,file sebagai kenangan dapat menghubungi Kontak 081351834271

Komentar

TERPOPULER

Isolasi Lignin Pulp Soda dan Sulfat (Kraft)

Teknis Mesin Pancang Dalam Pemanenan HUTAN

Sejarah Sylva Indonesia: Rimbawan, yuk berjuang kolektif!

Masyarakat Adat vs RUU Pertanahan, Sebuah Refleksi Hari Tani, Utopis Kelestarian Hutan?

Kehutanan Berduka,Wafatnya Prof.Dr.Ir.H.R.Sambas Wirakusumah MSc.

Rimba 2019: Mahasiswa Berprestasi, Tanamkan Kode Etik Rimbawan

Karhutla di Kaltim: Surga Angrek Hitam Cagar Alam Kresik Luway Hangus

Symposium dan Konferensi Nasional Sylva Indonesia Jogjakarta

UPAYA REHABILITAS LAHAN KRITIS

Informasi data berita tentang fakta,edukasi dan analisis tentang kehutanan, pertanian, pendidikan budaya sosial dan lingkungan hidup. Ragam berita konservasi dan sains lingkungan. @ Seorang pembelajar yang menyenangi membaca dan menulis Jurnal ilmiah. Acap kali juga ngopi dengan penjaga toilet, satpam dan tukang parkir di pinggiran jalan . Kadang mendaki gunung dan memancing ikan dilaut. Masa kecilku Sering nongkrong di sawah bersama petani dan mengembala kerbau di Ladang. @nagadragn