Rapat Kordinasi Nasional Sylva Indonesia



Rapat Kordinasi  Nasional Sylva Indonesia
Papua 21 Maret 2018


Oleh FitriYani Sinaga ( Ketua DPSI Pusat)

UUD 1945 pasal 33 ayat 3 yang berbunyi “Bumi air udara dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh Negara untuk dipergunakan sebesar-besarnya kemakmuran rakyat”. UUD tersebut  menjadi landasan bagi kita para rimbawan dalam melaksanakan pembangunan kehutanan. Sumberdaya hutan yang ada pada saat ini harus dapat dimanfaatkan secara optimal dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun, dalam pelaksanaan pembangunan kehutanan harus mengarah pada pembangunan Ekologis.
Konstitusi Sylva Indonesia yang telah disahkan dalam Konferensi Luarbiasa Sylva Indonesia di Instiper Djogjakarta pada tahun 2017 juga sebagai Penguat Dewan Perwakilan Sylva Indonesia (DPSI) untuk menjalankan Roda Organisasi Sylva Indonesia sebagaimana mestinya. Kita ketahui bersama bahwa kehutanan lahir dan dibesakan oleh rakyat Indonesia, dan oleh karena itu harus bahu-membahu bersama rakyat. Kita harus menyatukan jiwa, pikiran dan tenag korps rimbawan karena dengan persatuans setrta kerjasama tersebut akan mewujudkan semangat dan gairah kerja rimbawan. Kepedulian terhadap masalah sosial dan lingkungan merupakan suatu hal yang harus dimiliki oleh mahasiswa kehutanan.
Di usia Sylva Indonesia yang kini telah 59 Tahun dan tercatat telah  mempunyai 42 Pengurus cabang sylva Indonesia di Perguruan masing-masing Perguruan Tinggi di Indonesia dan 3 pengurus Cabang Persiapan dalam Konferensi Luar Biasa SI 2017 lalu. Dengan meningkat pesat nya Perguruan Tinggi yang tergabung dalam Tubuh Sylva Indonesia di dekade ini membuat dinamika pergerakan SI yang juga mengalami pasang surut. Hal ini merupakan Proses-proses yang harus dilalui oleh dalam konsistensinya mengawal Pembangunan Kehutanan yang Pro Ekologis.  Sylva Indonesia mencakup seluruh mahasiswa kehutanan dari Sabang sampai Merauke.  Hal ini merupakan Prestasi untuk SI yang semakin bertambah untuk dapat mewujudkan cita-cita Bangsa Indonesia.
Kelembagaan Sylva Indonesia terdiri dari Pusat dan Cabang. Pengurus Pusat dalam hal ini merupakan Dewan Perwakilan Sylva Indonesia (DPSI) dan Pengurus Pusat Sylva Indonesia (PPSI). Cabang dalam hal ini adalah Pengurus Cabang Sylva Indonesia (PCSI) yaitu Masing-Masing Lembaga di Internal Sylva di Perguruan Tinggi yang tergabung dalam tubuh Sylva Indonesia.
DPSI  dalam hal ini melakukan kerja kerja Organisasi sesuai dengan Tugas fungsi pokok dan tanggungjawabnya terkait peran dalam mengawasi dan memberi saran kepada PPSI serta mengontrol jalan roda Organisasi. Untuk meningkatkan peran Sylva Indonesia dalam pembangunan kehutanan saat ini, diperlukan kekompakan dan keselarasan setiap pengurus baik di pusat maupun di cabang. Hal ini menuntut DPSI untuk melakukan Rapat Kordinasi Nasional Sylva Indonesia . Rapat kordinasi nasional  DPSI merupakan suatu upaya dalam melakukan evaluasi dan monitoring dalam Organisasi Sylva Indonesia sehingga dapat menghasilkan rekomendasi-rekomendasi dalam rangka membantu mengoptimalkan pergerakan Sylva Indonesia saat ini dan ke depan.
Rapat Kordinasi ini telah  telah direncanakan sejak Rapat paripurna DPSI dibulan Oktober dengan No.04/BA/DPSI/XI 2017. Dalam rapat tersebut direncanakan rapat Kordinasi nasional di bulan April 2018. Dalam rapat paripurna tersebut juga membahas terkait untuk melakukan Undangan saat di agenda LKSI papua untuk melibatkan selur PCSI dan PCPSI. Seiring dalam perjalannya, dalam agenda LKSI pada tanggal 16 maret 2018 DPSI menerima surat pengunduran diri Sekjen PPSI,  sehingga rencana untuk Rapat Kordinasi  di bulan april di ubah  untuk mempercepat kerja-kerja perapian disiplin organisasi. Tanpa dihadiri PPSI agenda Rapat Kordinasi disepakati tanggal 21 maret 2018.
Dewan Perwakilan Pusat Sylva Indonesia bekerjasama dengan Pengurus Cabang Sylva Indonesia Universitas Papua (UNIPA)  mencoba menginisiasi sebuah kegiatan Rapat Koordinasi Nasionl Dewan Perwakilan Sylva Indonesia (Rakornas DPSI), untuk menampung aspirasi dan merumuskan sebuah rekomendasi untuk membenahi Sylva Indonesia dimana polemik kemunduran Sekjen SylvaIndonesia yang berasal dari sylvais  Universitas Tadulako (UNTAD ) PALU.  Rapat Kordinasi nasional ini, DPSI menginisiasi agar PCSI mempersentasikan dan memaparkan Kerja kerja Organisasi dalam menjalankan program-programnya serta untuk silaturahmi saling mengenal sesame Sylvais muda.  Sebagai upaya menyamakan visi dan meningkatkan rasa persaudaraan sesama rimbawan dari berbagai wilayah di Indonesia. Hal ini diperlukan sebagai upaya mensinergikan seluruh pengurus Sylva Indonesia baik dipusat maupun di cabang. Dengan demikian iklim perbaikan Paradigma Sylva Indonesia baik pusat  dan PCSI dapat  berjalan dengan baik serta meningkatkan peran serta Sylva Indonesia dalam pembangunan kehutanan.

Adapun tujuan diselenggarakannya  Rakornas DPSI adalah sebagai berikut :
1.       Menjalin komunikasi antar PCSI dengan  DPSI dan sesama PCSI dn PCPSI
2.       Pembacaan Situasi dan kondisi PCSI dan PCPSI
3.       Saling sharing Program kerja di masing-masing PCSI dan PCPSI
4.       Membentuk dan membangun pola pikir Rimbawan  melalui mekanisme alur  Kerja kerja Organisasi SI oleh DPSI
5.       Merumuskan Langkah-langkah dalam menyikapi Polemik Internal Tubuh SI
6.       Respon Sikap terkait PPSI

Waktu dan Tempat Kegiatan
Rapat Koordinasi Nasional Dewan Perwakilan sylva Indonesia ini telah dilaksanakan  tanggal 21 maret 2018, mulai Pukul 09.00 WIT  bertempat di Universitas PAPUA  dan Aula Asrama Putri Unipa lantai 1 , Manokwari Papua barat

Adapun Rakornas SI  dibagi menjadi dua agenda yaitu:
1.       RAPAT TERBUKA DPSI dan PCSI serta PCPSI

ü  Perkenalan Secara kelembagaan sesame SI dari DPSI dan masing-masing PC
ü  PCSI/PCPSI memaparkan Kondisi Situasi Kampus
ü  Memaparkan Program Kerja dan Hambatan
ü  Pola Komunikasi antar PCSI/PCPSI dengan PPSI dalam hal Kelembagaan SI

2.       RAPAT TERTUTUP DPSI dan PCSI
ü  Pemaparan DPSI terkait  kondisi PPSI
ü  Respon sikap PCSI
ü  Kesimpulan Sikap
ü  Rekomendasi untuk kemajuan SI selanjutnya

Peserta Kegiatan Rapat Kordinasi Nasional SI
Peserta dalam kegiatan Rapat Koordinasi Nasional Sylva Indonesia adalah :
1.       Peserta Rapat Terbuka DPSI dan PCSI serta PCPSI :
a.       Mahasiswa Kehutanan Unipa
b.       Ketua Dewan Perwakilan sylva Indonesia
c.        Peninjau agenda LKSI
d.       Kordinator Regional diantaranya
·         Regional VII
·         Regional VIII
·         Regional IX
e.       



10.    PCSI UNHAS MAKASSAR
10.     PCSI UHO KENDARI
11.     PCSI UNISMUH MAKASSAR
12.     PCSI UNIVERSITAS ANDI DJEMMA PALOPO
13.     PCP UNIVERSITAS SULAWESI BARAT
14.     PCSI SAM RATULANGI MANADO
15.     PCSI UNIPA PAPUA
16.     PCSI STIP WUNA
17.     PCSI STIP LABUHA
18.     PCSI UNERA HALMAHERA
19.     PCP UNKHAIR TERNATE







20.   

 
Undangan Delegasi LKSI dari masing-masing PCSI dan PCPSI diantanya:
NAMA PENGURUS CABANG


1. PCSI USI SIMALUNGUN


2. PCSI UNIB BENGKULU


3. PCSI PCSI IPB BOGOR
4. PCSI UNWIM BANDUNG

5.. PCSI INSTIPER YOGYAKARTA
6.  PCSI UMM MALANG
7.  PCP INTAN YOGYAKARTA

8..PCSI UNMUL SAMARINDA
9. PCP UMP PALANGKARAYA









2.       Peserta Rapat Tertutup DPSI dan PCSI
a.       Ketua Dewan perwakilan Sylva Indonesia (DPSI)
b.       Delegasi hanya PCSI  resmi sesuai KNLBSI 2017 (maks-2 sylvais)
c.        PCSI yang mengikuti rapat Kordinasi diantaranya :
NAMA PENGURUS CABANG


1. PCSI USI SIMALUNGUN


2. PCSI UNIB BENGKULU


3. PCSI PCSI IPB BOGOR
4. PCSI UNWIM BANDUNG

5.. PCSI INSTIPER YOGYAKARTA
6.  PCSI UMM MALANG
7. PCSI UNMUL SAMARINDA

8..PCSI UNHAS MAKASSAR
9 PCSI UHO KENDARI
10.    PCSI UNISMUH MAKASSAR
11.    PCSI UNIVERSITAS ANDI DJEMMA PALOPO
12.    PCSI SAM RATULANGI MANADO
13.    PCSI UNIPA PAPUA
14.    PCSI STIP WUNA
15.     PCSI STIP LABUHA
16.    PCSI UNERA HALMAHERA



















HASIL RAPAT KORDINASI NASIONAL SI

Agenda ini di mulai dengan sambutan dari Ketua Dewan Perwakilan Sylva Indonesia dan sekaligus membuka Rapat Kordinasi Nasional SI.   Rapat dimulai dengan sangat hikmat dan tenang. Peserta rapat Kordinasi Nasional terlihat sangat antusias. Dibuka dengan DPSI memaparkan kondisi DPSI dan menjelaskan tujuan rapat kordinasi nasional SI serta memaparkan perihal langkah langkah yang sudah pernah dilakukan terhadap Fungsi dan tugas pokok DPSI. Agenda Dilanjutkan dengan Perkenalan dari Masing-masing PCSI dan PCPSI.

A.      RAPAT TERBUKA
Berikut lampiran langsung pemaparan dari tiap PCSI dan PCPSI terkait pembacaan situasi dan pemaparan program dan hambatanya serta jalur komunikasi dengan PPSI. Rapat dimulai sejak Pukul 09.00-13.00 WI
09.00 - 13.00 WIT.
PCSI /PCPSI
SITUASI KAMPUS
PROGRAM KERJA
HAMBATAN
KOMUNIKASI PPSI




1.          STIP LABUHA






2.         UNERA HAMAHERA




3.         UNKHAIR TERNATE



4.         NUKU TIDORE
                          
















POLITEKNIK PADAMARA




STIP WUNA


















UNHAS MAKASSAR










UHO KENDARI










UNIPA PAPUA







UNISMU MAKASSAR




UNIVERSITAS SULAWESI BARAT










USI SIMALUNGUN








UNMUL SAMARINDA











INSTIPER JOGJAKARTA














UMM MALANG



















INTAN YOGYAKARTA





















IPB bogor








UNRAT MANADO




UNIB BENGKULU















OOGP PAPUA
Seperti Biasa






 Belum ada Sekretariat setelah pergantian ketua ke 4 sudah memiliki secretariat, komunikasi antar regional kurang komunikasi.

-            
Belum paham AD/ART SI sehingga Melanggar Konstitusi terkait Program




ü Masih  PCP
ü LKSI adalah Pertamakali mengikuti,
ü univ ternate mengunjungi dan memperkenalkan Sylva dan mendapat dukungan dari wareg 3  jumlah mahasiswa  angkatan 2016 total 11 yang aktif 7 orang, semester 6 bersisa 3 orang,
ü komitmen untuk bergabung di SI ingin menaikan pamor kehutanan univ Nuku sehingga dianggap unggul dari fakultas/prodi lain, semester 8 total 3 orang sedang KKN,


ü Belum mengetahui tentang si dan bekerja sama dengan program studi kehutanan, di bawa oleh pcsi Halmahera untuk mengetuhi tentang sylva































Hubungan hmj dengan birokrasi kampus, selalun didanai oleh kampus
Hubungan dengan alumni selalu di bantu dalam bentuk financial







Baru dilantik belum Rapat Kerja
Masih untuk prioritas  LKSI
Kepengurusan baru berjalan selama 3 bulan









Baru pergantian pengurus dan belum di lantik, dalam waktu dekat akan melaksanakan kegiatan hari bumi dan melaksanakan pengkaderan, kegiatan foreg 7 akan di laksanakan 27 april, program pengurus tahun lalu















Pada 2017 berpasangan dengan IBU DP, lalu Seluruh Ketua PCSI yang ada sdi foreg 5 meminta UNMUL untuk melepaskan Saudari Fitriyani Sinaga dari Kepengurusan LEM sylva Mulawarman dan maju   di DPSI, sebelum SK dari Kampus terbit.
Kondisi pc kemarin debat kandad untuk pemilihan ketua dan wakil Lem Sylva  MUlawarman


Sedikit bercerita tentang pcsi sedang dalam periode pengurus baru, ketua pc adalah marnel, posisi saya sebagai wakil dari saudara marnel, untuk masalah program yang dilaksanakan priode sebelumnya banyak terlaksana,









kemungkinan bulan 4 akan dilaksanakan kumpul-kumpul foreg 4


















Pengurusan baru dilantik 1minggu yang lalu dan sekarang prokernya sudah keluar



















Baru terpilih 2-3 minggu yang lalu, untuk program sendiri belum ada yang berjalan dan sedang menyusun pola pengkaderan





Mengani komunikasi yang telah disampaikan baru menyelaisaikan pemilihan ketua umum


Kalau untuk komunikasi dari antar pc, foreg Alhamdulillah masih lancar, untuk internal bulan depan aka melaksanakan pengkaderan terakhir, telah dilaksanakan pengkaderan 3 tahap










berada pada provinsi papua, awal berdiri 2011 berasal dari sekolah tinggi awal terbentukna program studi kehutanan, awal mengenal sylva yang telah di ikuti pmki di Bengkulu,
ü  Tamu Pisah
ü  .Bakti social
ü  Mimbar Bebas
ü  Aksi Bantuan Banjir di Kec. Obi
ü  Naik Puncak Sibela


ü  PKM sedang berjalan
ü  Pengkaderan



Pengkaderan






Persiapan Pengkaderan
Perapian Struktur




















1.   Kedai sylva di berikan suatu lahan dan di buat kolam, jenis-jenis tanaman lagka, tujuan kedai sylva untuk membantu mahasiswa yang kekurangan
2.Penanaman pohon
3.Penanaman pohon di derah perkotaan
4.Penanaman pohon anbarang
5.Mengumpulakan anak-anak pantai untuk pendidikan mangrove dan sudah berjalan 8 bulan
6.Penanaman mangrove di daerah wisata malaiura
7.Kegiatan pramuka sama dengan pembibitan di pantai
8.Bekerjasama dengan gugus-gugus depan dalam hal pengadaan pembibitan itu


1.   Anniversary pcsi Unhas, di hadiri oleh bebrapa pc dari foreg 7
2.   Pengkaderan Rimba, dilakukan pada bulan 1
3.   Pengkaderan Temu pisah, sedang berjalan
Jangka panjang
1.   Pedampingan masyarakat sedang dalam tahap proses
2.   Hari bumi 20 april

1.   Pelantikan
2.   Rapat kerja
3.   Management alam bebas
4.   Bcr ke 13 september 2017
5.   Penanaman salah satu bukit di kendari serta baksos dan pembuatan papan nama
6.   Hari bakti rimbawan , pembersihan hutan mangrove
7.   Management alam bebas








Pengkaderan sementara berjalan
Baksos




1.Pengkaderan
2.Penanaman Mangrove
3.Green Expedition









1.         Pengkaderan
2.         Hari bhakti rimbawan, aksi bersih dan penanaman
3.         Penaburan bibit ikan di danau toba
4.         Penanaman sungai tanjung pinggir

kompetisi, dan event, event yaitu peninjawan kampus, hari pohon, pembersihan sungai, mulawarman goes to school, delegasi seperti mahasiswa berprestasi, pemilihan putra putri kampus






kajian yang telah di keluarkan kajian tentang pabrik semen dan sampah di arboretum, teman-teman pengembangan dan penelitian melaksanakan bersi-bersih selama 2 kali sebulan, konteks perwatan arboretum adalah perawatan dan peremajaan untuk konteks ke 2 bagaimana bisa meminimalisir sampah-sampah di arboretum, untuk periode baru kurang lebih berjalan 3 bulan, untuk program baru open recruitment dimana sekarang berjumlah 47 orang, program kerja yang akan berjalan yaitu training pengurus


Program kerja yang telah dilakukan, kemah kenal lingkungan sebanyak 2 kali 1 ruang satu lagi lapangan, forum kajian dan diskusi cara pembuatan herbarium berwarna, mengenai kajian tentang cagar alam sempuh berja sama dengan lsm, kewirausahaan mencoba mengembangkan strip up, sylva camp merupakan puncak pengkaderan di rangkaikan dengan hari bumi, gubuk rimba untuk sementara masih penyelesaian, pembangunan arboretum baru mempunyai lahan 1,7 hektar, membangun pembebasan lahan perhutani sebanyak 150ha, kegiatan nasional di hadirkan staf lingkungan lingkungan hidup,


setiap minggu dilaksanakan diskusi terbuka, sedang berjalan desa binaan, desa konervasi, expedisi taman nasional, penelitian tanaman obat di ambara, kerjasama dengan balai litbang klhk, bksda jatim, pusat pelatihan gajah, mou dengan fakultas kedokteran hewan tentang sebaran penyakit, yayasan badan Indonesia, desa binaan yang sedang di jalankan ada 4 di magelang di gerakkan sebagai desa konservasi dan desa turi sleman sebagai daerah ekowisata, kulonprogo pengelolaan dan vasilitator, dan di bantul, akan bekerjasama dengan yayasan hutan harapan,






program yang telah dilaksanakan yaitu ruang kehutanan, upgreading, diskusi sylva berbentuk dalam beberapa metode selain kajian ada bedah buku dan bedah film, perpus jalanan, lalu perawatan hutan kota yaitu dijalan kan sebanyak 3 kali, sylvanight yaitu program internal dan alumni

kegiatan yang sudah dilakukan expedisi, jantung hayati, penanaman pohon di area kampus, pengamatan burung


pmo pelatihan management organisai dan yang terakhir jk, hanya membekali beberapa materi dan akan melepas mereka dengan memberikan peta buta dan gps, untuk mengenai hal hal lainnya untuk hmj memiliki beberapa bidang, di bidang 4 kominfo di sini bergerak di media social , curhat maba saya menjadi bahan tertawaan senior, curhat maba ini mengadakan suatu forum membahas mengenai apa saja yang akan di tanyakan, kajian strategi dan advokasi akan mengadakan hari bhakti rimbawan dan hutan nasional untuk membersihkan pantai panjang dan sekitarnya

melakukan beberapa kegiatan di jaya pura yaitu pengkaderan, baksos, seminar terkait lingkungan dan kehutanan, pengembangan minat dan bakat mahasiswa fakultas kehutanan
ü Birokrasi kampus







Kekurangan SDM wanita



üButuhkomitmen tentang structural,
üPihak kampus mengangap sebagai organisasi eksternal yang merusak masuk/mengganggu HMJ.
üKomunikasi

Umlah mahasiswa sedikit















Komunikasi







Masalah internal dan komunikasi



























Komunikasi pc dengan foreg lancar, pc dan pp hanya lewat media social dan tidak pernah bertemu langsung dan dengan DP atas nama UMAR walau satu kampus.












Masalah di pendanaan sulit bertemu pimpinan, menganggap si organisasi eksternal, mengedepan kan kader-kader muhammadiyah


Kekurangan SDM, angkatan 2015 tidak cukup 20 orang dan aktif 5 orang, kekurangan tahu tentang sylva dan sempat fakum 2 tahun dan tidak mempunyai sekretariat, birokrasi tidak di biayai oleh kampus,
Kurangnya komunikasi dengan pp
 pendanaan saat kegiatan akan mengirik ke univ, hubungan dengan foreg berjalan baik,


Kegiatan foreg, belia dating ke usi cuma kendalanya di komunikasi foreg ke pc yang lain, meminta tanggapan juga lama




permasalahan foreg 5 sama dengan sekjen ketidak aktifan sehingga kemarin membuat pernyataan pemberhentian koorforeg, foreg 5 sepakat untuk memberhentikan koorforeg 5 untuk saat ini yang menggantikan masih terkendala komunikasi,





koordinasi dengan pp terhalang dan sekjen slow respon, teman-teman dari pp saudara buyung berkunjung sedikit pembahasan mengenai pp











untuk ke ppsi tidak respon.

DPSI selalu meresspon standby





































terkait kendala kami berbentuk badan otonomi, masalahnya di pendanaan karna tidak keterikatan, kendala untuk pusat secara regional berjalan lancar sekitar 1-2 bulan lagi aka nada pertemuan,



Ketua baru dilantik jadi masih terhalang komuniksi



Kendala Komunikasi ke PPSI
Kendalanya Korforeg tidak bisa dating karna financial













kendala yang di hadapi karn baru berdiri 7 tahun terkait senior dan alumni baru 5 orang, kemudian kendala dukungan senior sangan kurang dan pengalaman organisasi sangat minim, kemudian komunikasi dengan pihak kampus, sulit mendapatkan ruang gerak dari kampus, berangkat ke Bengkulu langsung menghadap rector tetapi tanggapan hanya jalan-jalan saja, setiap kali kegiatan sulit mengajukan proposal, kendala terkait dengan kaderisasi yang menjadi maslah setiap penerimaan mahasiswa baru jumlahnya 10 orang setiap semester,

DPSI

Lancar






Lancar


Lancar






Lancar
























Lancar
















Kordinasi di grup









Lancar











Lancar





Lancar





Lancar dari media sosial











Lancar







Sagat lancar












Lancar














Lancar


















Lancar





















Lancar








Lancar




Lancar















Lancar

REGIONAL


-           Lancar




Kurang


Lancar






Kurang
























Lancar















Sangat baik dan Lancar









Lancarr











Kurang





Sangat Lancar




Lsncar












Tidak







Lancar












LANCAR













Lancar


















Lancar





















Lancar








Tidak ada



Lancar















Kurang

PPSI


-     Kurang  komunkasi antar PPSI
-     Kurang kejelasn kordinasi

-Tidak ada


LAMBAT






Tidak ada
























Terhambat















Tidak pernah bertemu langsung









Sangat Sulit











Terhambat





Kurang





Tidak ada












Kurang







TIDAK ADA RESPON










Tidak ada respon














Idak Ada Respon


















Tersendat





















Low Respon













Tersendat















Tidak Pernah

Pertanyaan, Pernyataan  krititik dan saran dalam Rapat Terbuka
  1. UNHAS : Taman nasional gunung meja, bagaimana kontribusi dari teman-teman unipa
Jawaban : Pada hari bhakti rimbawan membuat potret mengenai gunung meja, gunung meja menjadi sumber air terbesar di manokwari sehingga mahasiswa unipa khawatir, membuatan suatu pernyataan yang melibatkan banyak pihak, membawa rekomendasi ke Jakarta untuk bertemu presiden dan bertemu sekretaris dan sampai sekarang bem fahutan di libatkan untuk pengembangan daerah tersebut (oleh UNIPA)
2.       UNMUL :  DPSI telah banyak melanggar konstitusi,  banyak mengambil peran PPSI, kita melihat keadaan yang ada PP kurang aktif sehingga DP yang mengambil alih, menyesuaikan tupoksi dari PPSI  tetapi kita melihat  keadaan dari pp, kita harus mengganti SEKJEN kita, di harapkan kerja eksekutif nantinya lebih di tekankan kepada mereka karna tanda tangan MOU.
B.      RAPAT TERTUTUP
Adapun maksud dalam rapat tertutup ini adalah karena hanya dihadiri oleh Perwakilan pengurus cabang sylva Indonesia masing masing Maks 2 delegasi. Rapat tertutup dimulai sejak pukul 14.00 -17.50 WIT tanggal 21 Maret 2018 bertempat di Aula asrama Putri Unipa Manokwari Papua Barat. DPSI membuka Rapat tertutup dengan santai  dengan memaparkan kerja-jerja yang sudah DPSI laksanakan dan menjelaskan Suratb peringatan yang sudah pernah dilayangkan pada PPSI serta mengutarakan terkait surat Pengunduran diri sekjen PPSI yang berasal dari UNTAD PALU.  Ketua DPSI meminta tanggapan dan sikap dari PCSI.
Berikut pernyataan dari masing masing forum regional
1. Foreg 1
Setuju melakukan KNLBSI ulang (tanpa surat pernyataan)
2.Foreg II
Setelah melaksanakan perundingan melalui media social, dari hasil perundingan mendapat kan  point dengan mendukung adanya KNLBSI ulang. (dibuktikan dengan Surat pernyataan terlampir)
3.Foreg III
Dari hasil rembukan di media social intinya mendukung adanya KNLBSI dan mekanismenya di serahkan di forum. (dibuktikan dengan Surat pernyataan terlampir)
4.Foreg IV
Perwakilan foreg 4 mengatakan bahwa mendukung akan adanya KNLBSI sesuai konstitusi yang berlaku. (dibuktikan dengan Surat pernyataan terlampir)
5.Foreg V
Dari semalam sudah membangun koordinasi namun hanya 2 pc yang membalas, secara lisan mereka siap melaksanakan KNLBSI, terkhusus di unmul kami siap akan adanya knlbsi ketika nanti terpilihnya sekjen baru terutama terhadap 3 UPT ( surat Sikpa menyusul)
6.Foreg VI
Kami mendukung untuk melakukan KNLBSI dan kami sudah mengkoordinasi dengan pc pc lain nya. (tanpa surat pernyataan)
7.Foreg VII
Memang dengan adanya kabar ini beberapa hari yang lalu sudah berkoordinasi dan mendukung KNLBSI. (dibuktikan dengan Surat pernyataan terlampir)
8.Foreg VIII
Menyetujui KNLBSI. (dibuktikan dengan Surat pernyataan terlampir)
9. Foreg IX
Mendukung diadakannya KNLBSI. (dibuktikan dengan Surat pernyataan terlampir)

Tanggapan :
1.       PCSI IPB : segera di buat tertulis pernyataan
2.       Ketua PC STIP LABUHA: dari kawan-kawan sudah menyampaikan sikap, kegiatannnya kan sudah di tetapkan langsung, ini sedikit masukan kalau dari foreg 1 ini mau melaksanakan upt nya harus koordinasi dari setiap pc pcnya, harus koordinasi langsung tanpa media
3.       PCSI UNB BENGKULU WILLY : kita bahas persoalan knlbsi lalu ke pc lalu ke foreg, ketentuan dari foreg mereka belum mengeluarkan kalau memang dari pc mereka sudah mengeluarkan, sekarang kesepakatan kita, kalau bahas knlbsi knlbsi saja jangan ke upt terlebih dahulu
4.       PCSI UNISMU; Langsung saja klarifikasi dari usi mau atau tidak
5.       PCSI USI RIDHO: kita belum share mengenai knlbsi
6.       PCSI UNIRA : menurut saya surat itu tidak rasional, menurut saya harus secara langsung, untuk upt nya pak sekjen harus datang
7.       PCSI UNISMU : saya rasa itu tidak bisa dipaksakan untuk hadir kesini, sekjen sudah tidak ada kepentingan lagi KNLBSI mendatang. Marilah kita samasama memulai yang baru. Lupakan sekjen yang lama
8.       PCSI UNISMU : kita untuk membahas sekjen yang baru jangan kembali ke sekjen yang lama , kalau kita bahas sekjen yang lama maka aka nada masalah-masalah yang baru
9.       PCSI STIP LABUHA : saran nya harus di beri kepastian dari usi
10.    PCSI UNHAS : digambarkan dulu apa yang akan di bahas, setelah saya mendengar diri dari kemunduran diri, sependek sepengatahuan saya ketika kita knlbsi maka kita akan mengulang rakernas, membuat catatan bisa knlbsi tetapi upt tetap
11.    PCSI : sepakat dengan kawan PCSI UNHAS
12.    PCSI UHO : berdasarkan keputusan ketua kami, ia ingin melaksanakan knlbsi di UHO dalam waktu 2 bulan ini
13.    PCSI UNISMU : sudah jelas ketersediaan dari UHO, sekarang tanyak kepada usi sepakat tidak ?
14.    PCSI UNB BENGKULU : jadi sekarang kawan kita dari uho siap, yasudah ketika kita sepakat maka kita langsung saja, karna usi akan kita bahas di knlbsi nanti, jadi langsung saja sama usi
15.    PCSI INSTIPER : salah satu dari foreg 4 mau mengajukan diri untuk knlbsi, namun yang bersangkutan juga tidak ada di forum ini, tetapi dia bersedia, dari PCSI Universitas MUhammadiyah Malang
16.    PCSI UNHAS : sepakat dilaksanakan di UHO
17.    PCSI STIP LABUHA : Harus di sepakatkan di uho karna mereka secara langsung menyatakan sikap
18.    DPSI : harapannya kawan-kawan memahami bahwa jumlah PCSI yang ada disini tidak dapat membuat keputusan secara langsung,  hasil dari rapat kordinasi ini nantinya akan menjadi pertimbangan Utama DPSI , kami akan rapat kembali untuk langkah-langkah selanjutnya sesuai mekanisme organisasi SI dalam Konstitusi. Harapnya kawan-kaan tidak gegabah. Mari sama-sama membenahi.
19.    PCSI UNHAS : untuk engambil keputusan lebih baik kita menganalisi dari kedua upt tersebut, kelebihan dan kekurang dari kedua upt ini, jadi jangan langsugn menyatakan sikap
20.    PCSI UNHAS : untuk teman teman yang di dalam hatinya mepunyai keinginan silahkan di sampaikan
21.    PCSI UNIRA : kalau menurut saya yang bersedia menurut pemahaman saya kalau sampai dia bersedia pasti sudah terfikir, untuk kami ungkin belum bersedia 
22.    PCSI UNHAS : sepakat dari unismu terkait pernyataan sikap, siapa tau diantara teman-teman ini ada yang mau, maksudnya seperti itu
23.    PCSI UNMUL : terkait pembahasan hari ini, dalam artian kita membahas mekanismenya, sepakat diadakan nya upt mengenai knlbsi, dari ibu dp mengatakan selambat-lambatnya terlaksana 2 bulan karna mou ini, baik siapa pun upt yang melaksanakan knlbsi ini, menjadi catatan ke depan ketika knlbsi berlangsung dari teman-teman apakan sekjen yang ada melaksanakan rakernas awal atau tidak ? tolong di hargai rakernas sebelumnya, saya hanya member pandangan sedikit, harapan kedepan tetap komit dari hasil rakernas tersebut, karna tidak asal tunjuk itu perlu pertimbangan tolong di hargain, Terkait upt karna temen-temen sepakati, saran ketika melaksanakan knlbsi ini untuk meminimalisir kendala-kendala Terkait upt karna temen-temen sepakati, saran ketika melaksanakan knlbsi ini untuk meminimalisir kendala-kendala , saya rasa untuk knlbsi bisa merangkap untuk rakernas, kita melihat situasi sekarang, kita jangan terlalu memaksakan
24.    PCSI UNB BENGKULU : sebenarnya apa yang dikatakan dari mulawarna ini betul, kawan-kawan dari upt itu sudah menyiapkannya, upt jangan di rubah lagi karna akan jadi permasalahan baru lagi, itu saya katakana tadi mau dimanapun forumnya kita bersama, kalau mau mengacau silahkan keluar, focus ke point nya, siapapun upt yang terpilih silahkan bantu kita sylva Indonesia, untuk masalah rakernas nanti kita laksanakan disana, jangan terlena lagi,
25.    PCSI UMM : mengenai upt betul yang dikatan willy tadi kita harus focus dulu, sylva ini mau diarahkan kemana, kita dari umm siap memberikan wadah, kalaupun kawan-kawan ingin meminta atau pun mendengar umm siap, kalaupun kita diakan di jauh-jauh tempat kita harus berkumpul melaksanakan ini, kita fikirkan masalah MOU, kami siap untuk mewadahi kami siap menjadi upt
26.    PCSI UNHAS : ini kantujuan untuk mencari sekjen, untuk mempercepat knlbsi kalau memang ada ya di siapkan calon sekjen
27.    PCSI UNIRA : dari kami sebenarnya sepakat tetapi tergantung kondisi, keuangan kamu juga menurun, tergantung kondisinya
28.    PCSI STIP LABUHA : 2 upt sudah mau, kalau kami akan siap untuk hadir, asalkan sudah ada kesepakatan adri DPSI, siap tandatangan
29.    PCSI STIP LABUHA : dan perseolan bersedia 2 pc ini, tinggal di berikan ruang 2 pc, kalau memang ketua dp mngambil keputusan terserah, namun di kembalikan kepada 2 pc ini, jadi kalau bisa di berikan ruang
30.    PCSI IPB : kita kan sudah sepakat untuk upt sudah di sepakati ketika rakernas, kemarin kan ketika rakernas ada upt yang wajib di laksanakan olehsekjen selanjutnya, kalau saya lebih setuju rakernas dilaksanakan di PMKI
31.    DPSI : Kita tidak dapat memaksakan waktu dimana untuk nanti. Kawan kawan di rapat ini tidak boleh mendahului keputusan sebelum KNLBSI dilaksanakan. Kita tak dapat memutuskan terkait Rakernas dilaksanakan kapan, itu semua tergantung forum Konferensi nanti dan harus juga pertimbangan dari kesiapan Sekjen yang baru.  Bisa saja UPT rakernas yang 2017 ganti. Itu semua tergantung Konferensi dan Sekjennya.  Kita jangan hanya memikirkan UPT yang kemarin, tetapi mari kita pikirkan hal yang Urgensi terkait Struktur SI ini dulu,  harapnya kawankawan menyediakan Sekjen dari regional untuk kandidat dan Syaratnya juga harus kita persiapakan matang nantinya agar tidak kembali seperti sekjen yang lalu cacat administrasi persyaratan. Mari jernih berfikir kawan-kawan. Lalu bagaimana jika ada PCSI yang di luar Forum ini yang email DPSI untuk menyatakan Siap sebagai UPT KNLBSI?
32.    PCSI UNB BENGKULU : apakah kita setelah kongres langsung rakernas,kalau semisalnya dari pc pc mana ketika meng email ibuk dp kita bagaimana, kami dari unib tidak menyetujui karna ke dua-dua ini sudah siap
33.    PCSI UNMUL : jaminannya tidak ada, karna permaslahan sebelumnya, ketika siap melaksanakan tapi kenyataan nya tidak, kita melangkah yang sudah ada aja, karna kedua upt ini siap, dari pada kita menunggu lagi, inikan UHO sudah enayatakn sikap kita musyawarah
33.
34.    PCSI UNB BENGKULU : kan kita sudah mengetahui keadaan sylva ini, sudah ada 2 upt yang sudah bersedia menerima upt ini, takutnya nanti ketika ad kepentingan di belakang akan ada pertimbangan lainnya, dp juga mempertimbangkan
35.    PCSI UNB BENGKULU : menurut saya pribadi ga perlu di wajibkan tetapi di harapkan, sylva ini milik kita bersama jadi jangan takutkan siapa calonnya ada atau tidak
36.    DPSI : hal itu saya kemukakan agar tidak kembali seperti KNLBSI tahun lalu yang Kandidat calonnya tidak ada, dan kami sebagai DPSI mempunyai tugas mengakomodir Kawankawan PCSI yang tidak hadir dalam rapat ini, agar aspirasi mereka juga diterima oleh kawan-kawan dan adil karena SI ini juga bukan hanya milik peserta Forum rapat Kordinasi Nasional yang ada di papua ini, tp kawan kawan yang tidak hadir juga harus kita hargai
Kesimpulan Rapat Tertutup
1. Peserta Rapat Tertutup  mendesak DPSI untuk mempercepat mengadakan  KNLBSI  dengan catatan sesuai Mekanisme
2. Peserta Rapat Tertutup mengajukan 2 PCSI sebagai  calon UPT untuk KNLBSI
3. Peserta Forum berharap UPT hasil rakernas 2017 tidak berubah, tetapi tetap memberikan keputusan pada SEKJEN terpilih mendatang
4. Peserta Rapat Tertutup menyatakan Berkomitmen untuk hadir atau menghadirkan delegasi dari PCSI masing-masing  untuk  KNLBSI 2018 mendatang  jika dilaksanakan di UPT yang sudah di sepakati di Forum Rapat tertutup
5. PCSI dalam  Peserta Rapat Tertutup Bersedia untuk setiap masing-masing  Foreg harus menyediakan 1 calon kandidat Sekjen dalam Agenda KNLBSI 2018, untuk menghindari KNLBSI sebelumnya.
6. PCSI  dalam Peserta Rapat Tertutup bersepakat untuk menjalankan roda Organisasi SI dengan Komunikasi yang terarah dan tetap menjalin Silaturahmi baik antar PCSI dan DPSI
7.  PCSI dalam Rapat tertutup Menyepakati KNLBSI harus dilaksanakan Maksimal dalam 2 bulan kedepan.
8. Hasil Rapat Terbuka dan Rapat Tertutup akan Menjadi pertimbangan Utama  DPSI dalam melakukan Keputusan dan menjalankan Tugas Selanjutnya.
               
                Tepat pukul 17.43 WIT  Rapat di tutup oleh Ketua DPSI dengan kemudian Kembali menegaskan pada PCSI dalam komitmennya di rapat Kordinasi Nasional Sylva Indonesia 2018 ini.  serta menghimbau kembali pada PCSI untuk persiapan terkait MOU Magang NASIONAL SI.  Besar harapan DPSI, Sylva Indonesia dapat melakukan Program-program kerjanya  baik di daerah, regional maupun Pusat.  Harapanya tidak terjadi kekosongan Aktivitas SI serta tetap menjalin komunikasi dengan baik .


Lampiran

           



                                         



Rilis ini merupakan Murni sesuai Kondisi  SI dan sesuai rapat Kordinasi
( Natural Statement PCSI/ no edit, jika dibutuhkan lampiran daftar absen dan surat pernyataan asli dari PCSI, silahkan hubungi DPSI secara langsung)


Sudah pernah ditulis oleh Fitriyani Sinaga
https://www.instagram.com/p/Bh8Sva3AcW7/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=t0zum2d8ry1n

https://drive.google.com/file/d/1ml_elU7iAay6vsgTzUCCuhvhxZVkv5Kj/view?usp=drivesdk

https://drive.google.com/file/d/1ml_elU7iAay6vsgTzUCCuhvhxZVkv5Kj/view?usp=drivesdk

Disusun dan disempurnakan oleh Fitriyani Sinaga





Ringkasan Singkat Laporan Kerja DPSI oleh Fitriyani Sinaga dapat dibaca di Laporan Kerja Fitriyani Sinaga https://drive.google.com/file/d/1Ur9j-cPiF_VVWoO0GbJw6ehiX2a9xsAu/view?usp=drivesdk




1. Marhaban ya ramadhan Sylva indonesia
https://www.instagram.com/p/BUn_lj0gBc0/?igshid=34lflg29rfxr


2. Rilis Konferensi Jogjakarta Artikel Fitriyani Sinaga Sylva Pusat 
https://www.instagram.com/p/BU9nMq-g8f_/?igshid=790gqn6s4yhc


6. Vidio aktivitas Hari pohon sedunia DPSI


7. Realease Kunjungan DPSI dan Rakernas SI


8. Live Report kunjungan DPSI dan Sosialisasi Bedah Konsitusi SI


9. Safari rimbawan dan kunjungan ke Hutan pendidikan Unlam


10. Diskusi Aspirasi Regional 5 SI


11. Sosialisasi Proseding SI dan Bedah dengan UPR ( Palangkaraya)


12. Sosialisasi Agenda LKSI Papua


13. Penanaman Kebaikan DPSI, " STop Nyampah"


14. NGOPI SI ( Ngobrol Perihal Legislasi SI) DPSI -KLHK -Staff Kepresidenan ) jilid 1


15. Tengkawang DPSI ( Temu kangen Kawan Rimbawan Dibengkayang) bersama Untan


16. NGOPI SI ( Ngobrol perihal legislasi) Regional 3, UNB -IPB, Bogor Jilid 2


17. Kunjungan DPSI san sosialisasi Konstitusi Ke UNWIM Sumedang Jawabarat


18. KJD 1 . Kilas Jalan DPSI ( Pertemuan dengan Ikatan Alumni Kehutanan Jogja )


19. Pertemuan Spesifik DPSI dan Direktorat KSDA E KLHK


20. Kunjungan DPSI ke Unmul dalam Rangka Ulangtahun Lem sylva Mulawarman


21. KJD 2. Kilas jalan DPSI ( Pertemuan dengan Alumni Kehutanan UNILA/ mantan Sekjen SI, Alumni Kehutanan IPB / mantan Sekjen SI dan Alumni kehutanan UNB / Mantan Ketua DPSI


22. Dukungan Dirjen KSDA E untuk LKSI papua


https://www.instagram.com/p/Bf24yw6AFkq/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=uh40t1iq22nt


23. Surat dukungan / Pernyataan Sikap KLHK pada SI.


https://www.instagram.com/p/Bf6Kt-dgbzp/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=1qf9bgtcagq4m


24. Publishing Ulang kembali Ketetapan Knlbsi 2017 terkait Masalah dan pemberhentian Serta para Rimbawan yang terlibat dan tidak bertenggungjawab pada Tugas dan amanahnya


https://www.instagram.com/p/Bf6sKINgzbT/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=d8obe6k7qzqt


https://www.instagram.com/p/Bf6seklA42t/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=1l6hd3l7la61n


https://www.instagram.com/p/Bf6tLdUAY-5/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=1uhzc125f8xrh


https://www.instagram.com/p/Bf63AHxA10F/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=13xnjdhc8jv5y

25. News DPSI ( pengumuman Informasi terkait PCP ke PCSI terbaru 2017


https://www.instagram.com/p/Bf7XZVGgVne/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=1j2d14gt8o02j


26. Informasi DPSI ( Pembagian Tugas anggota DPSI dan Pembagian Wilayah ) Foreg 1-2


https://www.instagram.com/p/Bf-CKMygRme/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=1492yzi4ryi8y


27. Informasi DPSI ( Pembagian Tugas anggota DPSI dan Pembagian Wilayah ) Foreg 3-4 - 5- 9


https://www.instagram.com/p/Bf-OKmvAKf6/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=13kameglcjg89


28. Informasi DPSI ( Pembagian Tugas anggota DPSI dan Pembagian Wilayah ) Foreg 6 - 8


https://www.instagram.com/p/Bf-Lcn5AaD8/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=cbun1do98o38


29. Hari Perempuan internasional ( DPSI)


https://www.instagram.com/p/BgDCuRwFR8y/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=16x8hf8fehs5k


30. Informasi DPSI jumlah Terkini PCSI dan PCP SI edisi Maret 2018


https://www.instagram.com/p/BgJx5i5l56s/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=1r4fyud5uxui9


31. Kilas Sejarah SI ( Mengingat ulang Rekomendasi Knlbsi untuk PPSI)


https://www.instagram.com/p/BgJ655iFMyM/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=x7fh2vv333i3


33. News DPSI ( Informasi Media Resmi )


https://www.instagram.com/p/BgRiWR_Fsa-/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=1rczjc41sh888


34. sosialisasi dan mengingatkan Agenda LKSI papa pada Pcsi dan pPSi


https://www.instagram.com/p/BgRZ7bwlFLo/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=1plvt1xwctv4k


35. Press realease LKSI 2018


https://www.instagram.com/p/BhyB_UwAxDl/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=199y9llxuynsa


https://drive.google.com/file/d/1LUR9CvgApjHT4C8YC62BPGTazp7hqhAw/view?usp=drivesdk


https://www.sketsaunmul.co/press-release/latihan-kepemimpinan-sylva-indonesia-2018/baca


36. Rangkuman Kegiatan DPSI selama kegiatan di Unipa papua


https://www.instagram.com/p/BhyFfpng9rm/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=92o4uhq4w397


37. DPSI Menyelenggarakan Rakornas SI ( Rapat Kordinasi Nasional)


https://www.instagram.com/p/Bh8Sva3AcW7/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=t0zum2d8ry1n


https://drive.google.com/file/d/1ml_elU7iAay6vsgTzUCCuhvhxZVkv5Kj/view?usp=drivesdk


38. Sylva Sharing ( DPSI-Unhas - Unismuh -IPB-Unsulbar) di gedung unismuh Makassar


https://www.instagram.com/p/Bh-0eMcgO6r/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=15tdmzl264ums


39. Himbauan DPSI pada PCSI dalam pemaparan SP 1, SP 2 , Surat Rekomendasi DPSI, Surat Pengunduran diri Sekjen SI.
dok. rahasia internal Google drive email seluruh PCSI/PCP


40. Permintaan Aspirasi dan surat Sikap Dari seluruh PCSI untuk PPSI
melalui email dan Google drive ( rahasia internal)


41. Hasil Sidang paripurna penetapan KNSI menjadi KNLBSI 2018 dan Penawaran UPT KNLBSI kepada Seluruh PCSI
email dan google drive seluruh pcsi dan pCp ( internal sI)


42. Sidang Paripurna DPSI dan Ketetapan Tempat UPT KNLBSI 2018


43. Surat Pemberitahuan dan Pengumuman UPT KNLBSI 2018.


45. Press Rilis dan Dokumen LPJ DPSI 2017-2018 oleh Fitriyani Sinaga


46. Tulisan di republika.com Peran Mahasiswa kehutanan dalam melindungi hutan.


47. Tulisan sejarah pergerakan Mahasiswa kehutanan dan refleksi saat ini oleh fitriyani sinaga


https://foresteract.com/6-dasawarsa-sylva-indonesia-rimbawan-yuk-berjuang-kolektif/


48. Sylva Mulawarman Meneropong Gambut untuk pelatihan Sylva indonesia


https://www.sketsaunmul.co/press-release/sylva-mulawarman-meneropong-dan-jajaki-hutan-tropis-di-muara-siran/baca


49. ACARA PMKI UNMUL 2019 ditulis oleh Fitriyani sinaga


http://www.unmul.ac.id/post/diikuti-40-perwakilan-perguruan-tinggi--unmul-tuan-rumah-pmki-2019-1556527548.html


https://foresteract.com/sylva-mulawarman-sebagai-pelaksana-sylva-indonesia-selenggarakan-pmki-2019/


https://www.kompasiana.com/nagadragn/5c985dde3ba7f7050d15a062/sylva-indonesia-ikatan-mahasiswa-kehutanan-seluruh-indonesia?page=all


https://kaltim.antaranews.com/berita/54900/300-mahasiswa-se-indonesia-ikuti-pelatihan-kehutanan


50. Majalah integritas Kehutanan , di Halaman Pertama Sampul sampai halaman 4.


51. Link di web KLHK


dan media lainnya yang mewawancarai


52. youtobe TVRI nasional, Trans TV, STV, Teoian TV Youtobe BKSDA Kaltim , Youtobe Balitek samboja, Trans TV



Saya mohon pamit Sylva indonesi
baca di Fitriyani Sinaga Sampaikan Laporan Kerjahttps://www.kompasiana.com/nagadragn/5de769d6097f361449336b94/dedikasi-fitriyani-sinaga-pamit-dari-sylva-indonesia-titipkan-soft-file-laporan-kerja-dpsi-periode-2017-dan-2018

Segala dokumen gambar,file sebagai kenangan dapat menghubungi Kontak 081351834271


Komentar

TERPOPULER

Isolasi Lignin Pulp Soda dan Sulfat (Kraft)

Teknis Mesin Pancang Dalam Pemanenan HUTAN

Sejarah Sylva Indonesia: Rimbawan, yuk berjuang kolektif!

Masyarakat Adat vs RUU Pertanahan, Sebuah Refleksi Hari Tani, Utopis Kelestarian Hutan?

Kehutanan Berduka,Wafatnya Prof.Dr.Ir.H.R.Sambas Wirakusumah MSc.

Rimba 2019: Mahasiswa Berprestasi, Tanamkan Kode Etik Rimbawan

Karhutla di Kaltim: Surga Angrek Hitam Cagar Alam Kresik Luway Hangus

Symposium dan Konferensi Nasional Sylva Indonesia Jogjakarta

UPAYA REHABILITAS LAHAN KRITIS

Informasi data berita tentang fakta,edukasi dan analisis tentang kehutanan, pertanian, pendidikan budaya sosial dan lingkungan hidup. Ragam berita konservasi dan sains lingkungan. @ Seorang pembelajar yang menyenangi membaca dan menulis Jurnal ilmiah. Acap kali juga ngopi dengan penjaga toilet, satpam dan tukang parkir di pinggiran jalan . Kadang mendaki gunung dan memancing ikan dilaut. Masa kecilku Sering nongkrong di sawah bersama petani dan mengembala kerbau di Ladang. @nagadragn